Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Pembengkakan Kelenjar Getah Bening - Getah bening adalah cairan yang beredar di seluruh sistem limfatik . Getah bening yang terbentuk ketika cairan interstitial (cairan yang terletak di celah dari seluruh jaringan tubuh) dikumpulkan melalui kapiler getah bening . Hal ini kemudian diangkut melalui pembuluh getah bening ke kelenjar getah bening sebelum mengosongkan akhirnya ke kanan atau kiri vena subklavia , di mana bercampur kembali dengan darah.

Sejak getah bening yang berasal dari cairan interstitial, komposisinya terus berubah sebagai darah dan sel-sel di sekitarnya terus bertukar zat dengan cairan interstitial. Hal ini umumnya mirip dengan plasma darah kecuali bahwa itu juga mengandung sel-sel darah putih . 

Bening kembali protein dan kelebihan cairan interstitial ke aliran darah. Getah bening dapat mengambil bakteri dan membawa mereka ke kelenjar getah bening di mana mereka hancur. Metastatik kanker sel juga dapat diangkut melalui getah bening. Getah bening juga mengangkut lemak dari sistem pencernaan manusia

Kata getah bening berasal dari nama dewa Romawi air segar, Lympha .

Darah pasokan nutrisi dan penting metabolit ke sel-sel dari jaringan dan mengumpulkan kembali produk-produk limbah yang mereka hasilkan, yang membutuhkan pertukaran konstituen masing-masing antara darah dan jaringan sel. Namun, pertukaran ini tidak langsung melainkan dipengaruhi melalui perantara yang disebut interstitial cairan atau jaringan cairan yang bentuk darah. 

Cairan interstitial adalah cairan yang menempati ruang antara sel-sel dan merupakan lingkungan mereka. Sebagai darah dan sel-sel di sekitarnya terus menambah dan menghapus zat dari cairan interstitial, komposisinya terus berubah. Air dan zat terlarut dapat melewati antara cairan interstitial dan darah melalui difusi di seluruh kesenjangan dalam kapiler dinding disebut celah antar ; dengan demikian, darah dan cairan interstitial berada di keseimbangan dinamis satu sama lain.

Bentuk cairan interstitial di arteri (datang dari hati) akhir kapiler karena tekanan tinggi darah dibandingkan dengan pembuluh darah , dan sebagian besar kembali ke nya vena ujung dan venula ; sisanya (hingga 10%) memasuki kapiler limfe sebagai getah bening. Sistem pencernaan manusia Dengan demikian, getah bening ketika terbentuk adalah cairan bening berair dengan komposisi yang sama dengan cairan interstitial. Namun, karena mengalir melalui kelenjar getah bening terjadi kontak dengan darah, dan cenderung menumpuk lebih banyak sel (khususnya, limfosit) dan protein