Pengertian Paru-paru dan Fungsinya

Pengertian Paru-paru dan Fungsinya - Paru-paru adalah utama organ respirasi pada manusia dan hewan lainnya termasuk beberapa ikan dan beberapa siput. Dalam mamalia dan sebagian lainnya vertebrata , dua paru-paru yang terletak di dekat tulang punggung di kedua sisi jantung. Fungsi paru-paru dalam sistem pernapasan adalah untuk mengekstrak oksigen dari atmosfer dan transfer ke dalam aliran darah, dan melepaskan karbon dioksida dari aliran darah ke atmosfer, dalam proses pertukaran gas. 

Respirasi didorong oleh berbagai sistem otot pada spesies yang berbeda. Mamalia, reptil dan burung menggunakan mereka sistem muskuloskeletal untuk mendukung dan mendorong pernapasan. Pada awal tetrapoda, udara didorong ke dalam paru-paru oleh otot-otot faring melalui pompa bukal, mekanisme masih terlihat di amfibi. Pada manusia, otot utama yang mendorong bernapas adalah diafragma. Paru-paru juga menyediakan aliran udara yang membuat suara vokal termasuk manusia pidato mungkin.

bagian paru-paru  pengertian paru-paru  fungsi paru-paru  infeksi paru-paru  paru-paru basah  radang paru-paru  anatomi paru-paru  kanker paru-paru


Manusia memiliki dua paru-paru, paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Mereka terletak di dalam rongga dada dari dada. Paru kanan lebih besar dari kiri, yang berbagi ruang di dada dengan hati. Paru-paru bersama-sama beratnya sekitar 1,3 kilogram (2,9 lb), dan kanan adalah lebih berat. 

Paru-paru merupakan bagian dari saluran pernapasan bagian bawah yang dimulai pada trakea dan cabang ke bronkus dan bronkiolus dan yang menerima udara menghirup melalui zona budidaya. Ini membagi hingga pesawat mencapai mikroskopis alveoli, dimana proses pertukaran gas terjadi. Bersama-sama, paru-paru mengandung sekitar 2.400 kilometer (1.500 mil) dari saluran udara dan 300-500000000 alveoli. sistem pencernaan pada manusia

Paru-paru tertutup dalam sebuah kantung yang disebut kantung pleura yang memungkinkan dinding dalam dan luar untuk meluncur di atas satu sama lain sementara bernapas berlangsung, tanpa banyak gesekan. Kantung ini membungkus setiap paru-paru dan juga membagi masing-masing paru-paru ke bagian yang disebut lobus.

Paru kanan memiliki tiga lobus dan kiri memiliki dua. Lobus dibagi lagi menjadi segmen bronkopulmonalis dan lobulus. Paru-paru memiliki suplai darah yang unik, menerima darah terdeoksigenasi dikirim dari hati untuk tujuan menerima oksigen (yang sirkulasi paru-paru ) dan pasokan yang terpisah dari darah yang mengandung oksigen (yang sirkulasi bronkial ).

Jaringan paru-paru dapat dipengaruhi oleh sejumlah penyakit , termasuk pneumonia dan kanker paru-paru. Penyakit kronis seperti penyakit paru obstruktif kronik dan emfisema dapat berhubungan dengan merokok atau terpapar zat-zat berbahaya. Penyakit seperti bronkitis juga dapat mempengaruhi saluran pernapasan .

Dalam perkembangan embrio , paru-paru mulai berkembang sebagai outpouching dari foregut , tabung yang pergi untuk membentuk bagian atas dari sistem pencernaan. Ketika paru-paru terbentuk janin diadakan di cairan -filled kantung ketuban dan sehingga mereka tidak berfungsi untuk bernapas. Darah juga dialihkan dari paru-paru melalui duktus arteriosus.

Baca juga  : Sistem pencernaan pada manusia 

Saat lahir Namun, pesawat mulai melewati paru-paru, dan saluran pengalihan menutup, sehingga paru-paru bisa mulai bernafas. Paru-paru hanya sepenuhnya berkembang pada anak usia dini.

Istilah medis yang berhubungan dengan paru-paru sering mulai dengan paru-, dari Latin pulmonarius (paru-paru) seperti dalam pulmonologi , atau dengan pneumoniae (dari bahasa Yunani πνεύμων "paru-paru") seperti pada pneumonia .