Pertumbuhan Kuku, Struktur, Bagian dan Fungsinya

Pertumbuhan Kuku, Struktur, Bagian dan Fungsinya - Sebuah kuku amplop tanduk-seperti meliputi ujung jari tangan dan kaki pada manusia, sebagian besar non-manusia primata , dan beberapa lainnya mamalia . Kuku mirip dengan cakar pada hewan lainnya. Kuku dan kuku kaki yang terbuat dari pelindung tangguh protein yang disebut keratin . Protein ini juga ditemukan di kuku dan tanduk binatang yang berbeda. Hal ini terdiri dari sel-sel kulit mati.

Baca juga : Bagian bagian mata dan fungsinya

Struktur Kuku
kuku manusia
jari manusia dan kuku
kuku
jari kaki manusia dan kuku
kuku kaki

A. piring Nail; B. lunula; C. akar; D. sinus; E. matriks; kuku F.; G. hyponychium; H. free margin.
Kuku terdiri dari lempeng kuku, matriks kuku dan kuku tidur di bawahnya, dan alur yang mengelilinginya.

Bagian kuku
The matriks , kadang-kadang disebut matriks unguis, membran keratogenous, matriks kuku, atau onychostroma, adalah jaringan (atau germinal matriks ) yang melindungi kuku. Ini adalah bagian dari kuku yang di bawah kuku dan mengandung saraf , kelenjar getah bening dan pembuluh darah.matriks bertanggung jawab untuk memproduksi sel-sel yang menjadi lempeng kuku.

Pertumbuhan Kuku, Struktur, Bagian dan Fungsinya
Lebar dan ketebalan lempeng kuku ditentukan oleh ukuran, panjang, dan ketebalan matriks, sedangkan bentuk jari sendiri menunjukkan jika lempeng kuku datar, melengkung atau bengkok. Matriks akan terus tumbuh selama itu menerima nutrisi dan tetap dalam kondisi sehat. sebagai sel lempeng kuku baru yang dibuat, mereka mendorong sel-sel lempeng kuku yang lebih tua maju; dan dengan cara ini sel-sel tua menjadi dikompresi, datar, dan tembus. Hal ini membuat kapiler di kuku bawah terlihat, sehingga menghasilkan warna pink.

Lunula ( "bulan kecil") adalah bagian yang terlihat dari matriks, yang keputihan dasar berbentuk bulan sabit dari kuku terlihat. lunula yang terbaik dapat dilihat pada ibu jari dan mungkin tidak terlihat di jari kelingking. baca juga pengertian ekosistem dan contohnya
Kuku adalah kulit di bawah lempeng kuku. Seperti semua kulit, terbuat dari dua jenis jaringan: lebih dalam dermis , jaringan hidup yang meliputi kapiler dan kelenjar, dan epidermis , lapisan hanya di bawah lempeng kuku, yang bergerak ke arah ujung jari dengan piring. Epidermis melekat pada dermis dengan kecil memanjang "alur" disebut puncak matriks (krista matricis unguis). Pada usia tua, lempeng kuku menjadi lebih tipis dan alur ini menjadi lebih terlihat.

Sinus kuku (unguis sinus) adalah di mana akar kuku; yaitu pangkal kuku di bawah kulit. Ini berasal dari jaringan aktif tumbuh di bawah, matriks.

Lempeng kuku (corpus unguis) adalah bagian yang sulit dari kuku, terbuat dari tembus keratin protein. Beberapa lapis mati, sel dipadatkan menyebabkan kuku menjadi kuat namun fleksibel.  bentuk ditentukan oleh bentuk tulang yang mendasari. Dalam penggunaan umum, kata kuku sering merujuk ke bagian ini hanya .

Margin bebas (margo liber) atau tepi distal adalah margin anterior dari lempeng kuku berhubungan dengan tepi abrasif atau memotong kuku. Hyponychium (informal dikenal sebagai "cepat") adalah epitel terletak di bawah lempeng kuku di persimpangan antara tepi bebas dan kulit pada ujung jari. Ini membentuk segel yang melindungi kuku. Band onychodermal adalah seal antara lempeng kuku dan hyponychium tersebut. Ini hanya di bawah tepi bebas, dalam bagian dari kuku dimana kuku berakhir dan dapat dikenali pada orang berkulit putih dengan kaca, warna abu-abu nya. Tidak terlihat pada beberapa individu sementara itu sangat menonjol pada orang lain.

Bersama-sama, eponychium dan kutikula membentuk segel pelindung. kutikula adalah lapisan setengah lingkaran non-hidup, sel-sel kulit mati hampir tak terlihat bahwa "naik keluar dari" dan menutupi bagian belakang lempeng kuku terlihat sementara Eponychium adalah lipatan sel-sel kulit yang menghasilkan kutikula. Ini adalah kutikula yang dihapus selama manikur, tapi Eponychium yang tidak boleh disentuh karena risiko infeksi.

Eponychium adalah sebuah band kecil dari sel-sel hidup ( epitel ) yang memanjang dari dinding posterior kuku ke dasar kuku. Eponychium adalah akhir dari lipatan proksimal yang lipatan kembali pada dirinya sendiri untuk menumpahkan lapisan epidermis kulit ke lempeng kuku yang baru dibentuk. Perionyx adalah tepi memproyeksikan dari eponychium meliputi strip proksimal lunula.

Dinding kuku (Vallum unguis) adalah kulit lipat tumpang tindih sisi dan ujung proksimal kuku. Margin lateral (margo lateralis) terletak di bawah dinding kuku pada sisi kuku dan alur kuku atau lipat (sulkus matricis unguis) adalah celah kulit di mana margin lateral tertanam.

Paronychium adalah jaringan perbatasan di sekitar kuku dan paronychia adalah infeksi di daerah ini.

Fungsi Kuku
Sebuah kuku yang sehat memiliki fungsi melindungi phalanx distal, ujung jari, dan jaringan lunak sekitarnya dari cedera. Hal ini juga berfungsi untuk meningkatkan gerakan halus yang tepat dari distal digit melalui kontra-tekanan yang diberikan pada pulpa jari.  kuku kemudian bertindak sebagai kekuatan penyeimbang ketika ujung jari menyentuh sebuah benda, sehingga meningkatkan sensitivitas jari, meskipun tidak ada ujung saraf di kuku itu sendiri. Akhirnya, fungsi kuku sebagai alat, yang memungkinkan misalnya apa yang disebut "diperpanjang pegangan presisi" (misalnya menarik keluar serpihan di jari seseorang), dan memotong tertentu atau tindakan menggores.

Pertumbuhan Kuku
Bagian tumbuh kuku di bawah kulit di kuku ini proksimal end di bawah epidermis , yang merupakan bagian hanya hidup dari paku.
Baca juga : Ciri ciri makhluk hidup

Pada mamalia, laju pertumbuhan kuku berhubungan dengan panjang terminal falang (terluar jari tulang). Dengan demikian, pada manusia, kuku dari jari telunjuk tumbuh lebih cepat daripada jari kelingking; dan kuku tumbuh hingga empat kali lebih cepat dari kuku jari kaki.

Pada manusia, kuku tumbuh pada tingkat rata-rata 3 mm (0,12 di) bulan. Kuku membutuhkan tiga sampai enam bulan untuk tumbuh kembali sepenuhnya, dan kuku kaki membutuhkan 12 sampai 18 bulan. Tingkat pertumbuhan yang sebenarnya tergantung pada usia, jenis kelamin, musim, tingkat olahraga, diet, dan turun-temurun faktor. Berlawanan dengan kepercayaan populer, kuku tidak terus tumbuh setelah kematian; kulit dehidrasi dan mengencangkan, membuat kuku (dan rambut ) muncul untuk tumbuh.