Pengertian Sistem Eksresi Beserta Penjelasannya

Pengertian Sistem Eksresi Beserta Penjelasannya - Sistem ekskresi adalah sistem biologis pasif yang menghilangkan kelebihan, bahan yang tidak perlu dari cairan tubuh dari suatu organisme , sehingga dapat membantu menjaga kimiawi homeostasis dan mencegah kerusakan tubuh. Fungsi ganda dari sistem ekskresi adalah penghapusan produk limbah dari metabolisme dan menguras tubuh komponen yang digunakan dan dipecah dalam keadaan cair dan gas. Pada manusia dan lainnya amniotes ( mamalia , burung dan reptil ) sebagian besar zat ini meninggalkan tubuh sebagai urin dan untuk beberapa derajat pernafasan, mamalia juga mengusir mereka melalui keringat .

Hanya organ khusus digunakan untuk ekskresi dianggap sebagai bagian dari sistem ekskresi. Dalam arti sempit, istilah merujuk pada sistem kemih . Namun, seperti ekskresi melibatkan beberapa fungsi yang hanya dangkal terkait, tidak biasanya digunakan dalam klasifikasi yang lebih formal anatomi atau fungsi.

Sebagai berfungsi paling sehat organ menghasilkan metabolisme dan limbah lainnya, seluruh organisme tergantung pada fungsi dari sistem. Mogok dari salah satu dari lebih dari sistem adalah suatu kondisi kesehatan yang serius, misalnya gagal ginjal .

Ginjal
Ginjal adalah organ berbentuk kacang yang hadir di setiap sisi tulang belakang di rongga perut . Manusia memiliki dua ginjal dan masing-masing ginjal disuplai dengan darah dari arteri ginjal . Ginjal membuang dari darah limbah nitrogen seperti urea, serta garam dan kelebihan air, dan mengeluarkan mereka dalam bentuk urin. Hal ini dilakukan dengan bantuan jutaan nefron hadir dalam ginjal. 

Darah disaring terbawa dari ginjal oleh vena ginjal (atau vena ginjal). Urin dari ginjal dikumpulkan oleh ureter (atau tabung ekskretoris), satu dari setiap ginjal, dan diteruskan ke kandung kemih. Kandung kemih mengumpulkan dan menyimpan urin sampai buang air kecil. Urin dikumpulkan dalam kandung kemih dilewatkan ke lingkungan eksternal dari tubuh melalui lubang yang disebut uretra.

Hati
hati mendetoksifikasi dan memecah bahan kimia, racun dan racun lain yang masuk ke dalam tubuh. Misalnya, hati mengubah amonia (yang beracun) menjadi urea di ikan , amfibi dan mamalia, dan ke asam urat pada burung dan reptil. Urea disaring oleh ginjal menjadi urin atau melalui insang ikan dan kecebong . Asam urat adalah pasta-seperti dan diusir sebagai limbah semi-padat ( "putih" di kotoran burung). Hati juga memproduksi empedu , dan tubuh menggunakan empedu untuk memecah lemak menjadi lemak yang dapat digunakan dan limbah tidak dapat digunakan.

Invertebrata kurang hati, tetapi sebagian besar kelompok terestrial, seperti serangga , memiliki sejumlah nyali buta yang melayani fungsi yang sama. Invertebrata laut tidak perlu konversi amonia dari hati, karena mereka biasanya dapat mengusir amonia langsung oleh difusi melalui kulit.

Empedu
Setelah empedu diproduksi di hati, disimpan dalam kantung empedu. Hal ini kemudian disekresikan dalam usus kecil di mana ia membantu untuk memecah etanol, lemak dan limbah asam lainnya termasuk amonia, menjadi zat berbahaya.
Usus besar

Fungsi utama usus besar adalah untuk mengangkut partikel makanan melalui tubuh dan mengusir bagian dicerna di ujung yang lain, tetapi juga mengumpulkan limbah dari seluruh tubuh. Warna coklat khas limbah mamalia adalah karena billirubin , produk pemecahan yang normal heme katabolisme. Bagian bawah dari usus besar juga ekstrak tersisa air yang dapat digunakan dan kemudian menghapus sampah. Pada sekitar 10 kaki panjang pada manusia, itu mengangkut limbah melalui tabung untuk dibuang.

Kulit
Pada mamalia. kulit excretes keringat melalui kelenjar keringat di seluruh tubuh. Keringat, dibantu oleh garam, menguap dan membantu untuk menjaga dingin tubuh ketika hangat. Dalam amfibi, yang paru-paru yang sangat sederhana, dan mereka tidak memiliki sarana yang diperlukan untuk napas seperti lainnya tetrapoda kaleng. Lembab kulit, skala-kurang Oleh karena itu penting dalam membantu untuk membersihkan darah dari karbon dioksida (pada bentuk asam karbol ), dan juga memungkinkan untuk urea untuk dikeluarkan melalui difusi ketika terendam.

Dalam invertebrata laut kecil bertubuh, kulit adalah organ ekskresi yang paling penting. Itu terutama berlaku untuk acoelomate kelompok-kelompok seperti cnidaria , cacing pipih dan nemerteans , yang tidak memiliki rongga tubuh dan karenanya tidak ada cairan tubuh yang dapat dikeringkan atau dimurnikan dengan nefron, yang merupakan hewan alasan acoelomate adalah benang-seperti (nemertans), datar (cacing pipih ) atau hanya terdiri dari lapisan tipis sel sekitar interior non-seluler agar-agar (cnidaria).

Ekrin
Seperti kelenjar keringat, ekrin kelenjar memungkinkan kelebihan air meninggalkan tubuh. Mayoritas kelenjar eccerine terletak terutama pada dahi, bagian bawah kaki, dan telapak tangan, meskipun kelenjar di mana-mana di seluruh tubuh. Mereka membantu tubuh untuk mempertahankan kontrol suhu. Kelenjar ekrin di kulit yang unik untuk mamalia.

Alat Sistem Ekskresi

Kulit
Kelenjar keringat di kulit mengeluarkan limbah cairan yang disebut keringat atau keringat ; Namun, fungsi utamanya adalah kontrol suhu dan rilis feromon. Oleh karena itu, perannya sebagai bagian dari sistem ekskresi minimal. Berkeringat juga mempertahankan tingkat garam dalam tubuh.

Paru-paru
Salah satu fungsi utama dari paru-paru adalah untuk meredakan limbah gas, seperti karbon dioksida, dari aliran darah sebagai bagian normal dari respirasi.

Ginjal
Fungsi utama ginjal adalah penghapusan limbah dari aliran darah oleh produksi urine. Mereka melakukan beberapa fungsi homeostasis seperti: -

    Mempertahankan volume cairan ekstraseluler
    Menjaga keseimbangan ion dalam cairan ekstraseluler
    Menjaga pH dan konsentrasi osmotik cairan ekstrasel.
    Mengeluarkan racun metabolisme oleh-produk seperti urea, amonia, dan asam urat.

Cara ginjal melakukan ini adalah dengan nefron. Ada lebih dari 1 juta nefron di masing-masing ginjal; nefron ini bertindak sebagai filter dalam ginjal. Ginjal menyaring bahan yang dibutuhkan dan limbah, bahan yang dibutuhkan kembali ke dalam aliran darah, dan bahan yang tidak dibutuhkan menjadi urin dan sudah menyingkirkan.

Dalam beberapa kasus, kelebihan limbah mengkristal seperti batu ginjal. Mereka tumbuh dan dapat menjadi iritasi yang menyakitkan yang mungkin memerlukan operasi atau USG perawatan. Beberapa batu yang cukup kecil untuk dipaksa ke dalam uretra.
Saluran kencing


Ureter adalah saluran berotot yang mendorong urin dari ginjal ke kandung kemih . Dalam manusia dewasa, ureter biasanya 25-30 cm (10-12 in) panjang. Pada manusia, ureter timbul dari pelvis ginjal pada aspek medial dari masing-masing ginjal sebelum turun menuju kandung kemih pada bagian depan utama psoas otot. Ureter menyeberangi pinggir panggul dekat bifurkasi dari arteri iliac (yang mereka jalankan lebih). Ini "pelviureteric junction" adalah situs umum untuk impaksi batu ginjal (yang lainnya adalah katup uteterovesical). Ureter berjalan posterior di dinding lateral panggul. Mereka kemudian kurva anteriormedially masuk kandung kemih melalui belakang, di persimpangan vesicoureteric, berjalan dalam dinding kandung kemih selama beberapa sentimeter. Aliran balik urin dicegah oleh katup dikenal sebagai katup ureterovesical. Pada wanita, ureter melewati mesometrium dalam perjalanan ke kandung kemih.

Kandung kemih
Kandung kemih adalah organ yang mengumpulkan limbah diekskresikan oleh ginjal sebelum dibuang oleh buang air kecil . Ini adalah berongga otot organ, dan dpt dilembungkan (atau elastis), dan duduk di dasar panggul . Urine memasuki kandung kemih melalui ureter dan keluar melalui uretra .

Embriologis, kandung kemih berasal dari sinus urogenital , dan itu adalah awalnya terus menerus dengan allantois . Pada laki-laki manusia, dasar kandung kemih terletak di antara rektum dan simfisis pubis. Hal ini unggul dengan prostat , dan dipisahkan dari rektum oleh penggalian rektovesikalis . Pada wanita, kandung kemih duduk kalah dengan rahim dan anterior ke dalam vagina . Hal ini dipisahkan dari rahim oleh penggalian vesicouterine . Dalam bayi dan anak-anak, kandung kemih adalah di perut bahkan ketika kosong.
pekencingan

Dalam anatomi, yang (dari Yunani - ourethra) adalah tabung yang menghubungkan kandung kemih ke luar tubuh. Pada manusia, uretra memiliki fungsi ekskretoris di kedua jenis kelamin untuk lulus.
pembentukan urin

Dalam ginjal, darah pertama melewati aferen arteri untuk pembentukan kapiler disebut glomerulus dan dikumpulkan dalam kapsul Bowman , yang menyaring darah dari isi-terutama yang makanan dan limbah. Setelah proses filtrasi, darah kemudian kembali untuk mengumpulkan nutrisi makanan yang dibutuhkan, sedangkan limbah masuk ke dalam saluran pengumpul, ke pelvis ginjal, dan ureter, dan kemudian dikeluarkan dari tubuh melalui kandung kemih.